Kamis, 10 November 2011

Trouble Shooting Rem Belakang Kijang Super

Semua benda yang ada di dunia khususnya dunia teknik ini tidak ada yang lepas dari kerusakan maupun keausan seiring bertambahnya usia pemakain dan seringnya mengalami pekerjaan yang memang harus berakibat pada rusaknya benda tersebut. Demikian juga dalam hal ini adalah unit sistem rem khususnya sistem rem belakang Kijang Super.

Komponen-komponen pada sistem rem belakang sangat penting dan frekuensi penggunaannya sangat sering sehingga sudah sepantasnya mengalami keausan. Bagian dari rem tromol yang sering cepat rusak atau aus adalah kanvas rem. Karena saat terjadinya pengereman kanvas rem bergesekan langsung dengan tromol. Adapun komponen-komponen lain yang sering terjadi kerusakan diantaranya yaitu:


  • Master silinder Berhubungan dengan gangguan master silinder dalam meneruskan tekanan pengereman dari pedal rem ke minyak rem dan gangguan jumlah minyak rem yang mengalir ke pipa. Komponen master silinder yang sering terjadi kerusakan yaitu: permukaan dalam master silinder, seal, dan piston master silinder. 
  • Silinder roda Berhubungan dengan gangguan silinder roda dalam mendorong/ menekan sepatu rem dan kanvas rem. Komponen dalam silinder roda yang sering terjadi kerusakan yaitu: piston, pegas, dan seal. 
  • Tromol Berhubungan dengan kerusakan/keausan pada permukaan sebelah dalam tromol, akibat gesekan dengan kanvas rem. Sehingga terdapat retak-retak, noda berbintik-bintik, goresan-goresan dan bentuk yang tidak standart lagi (oval). 
  • Pipa minyak rem Berhubungan dengan kerusakan/ keausan pada permukaan pipa, yatu terdapat kebocoran pipa, retak pada ujung pipa, dan terdapat lekukan pada permukaan pipa.


Keteledoran pemilik kendaraan (khususnya dalam hal pemeliharaan dan perawatan sistem rem), dapat mengakibatkan gangguan-gangguan atau kerusakan pada sistem rem. Selain itu, juga dapat menyebabkan sistem rem tidak mau bekerja pada waktu diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pilihan OK